Minggu, 11 Oktober 2009

Tipe- Tipe Manusia di Pasar Modal

Banyak para pakar yang telah lama mengamati tentang tipologi para pemain di pasar modal dimana nantinya dapat diharapkan menjadi suatu penutan bagi para investor. Adapun kelima tipe itu adalah:

1. Petualang (Adventurer)
Investor tipe ini sangat berani mengambil risiko, dan tidak mengindahkan saran-saran penasehat keuangan. Kemungkinan dia berbuat kesalahan sangat besar.

2. Selebriti (Celebrity)
Umumnya mereka memiliki ciri ingin menjadi panutan bagi orang lain. Orang tipe seperti ini tidak peduli untung dan rugi, yang penting orang meniru pada apa yang dia lakukan.

3. Pemain Sendiri (Individualist)
Memilki kebiasaan bekerja sendiri tidak ikut-ikut orang lain. Dia menganalisis kondisi pasar sendiri, dia berkecendrungan menghindari pengambilan keputusan yang berisiko tinggi, namun ia bersedia menerima investasi yang berisiko sedang (moderat).

4. Hati-Hati (Guardians)
Investor dalam kategori ini cenderung sangat berhati-hati dalam mengambil keputusan untuk berinvestasi dan menjual investasinya. Orang tipe ini memanfaatkan penasihat keuangan sebagai mitra dalam menganalisis pasar. Mereka tidak menyalahkan penasihat keuangan kalau Investasi gagal.

5. Tidak Menentu (Straight Arrows)
Aneh, itulah kata yang lazim dilekatkan bagi para investor tipe yang terakhir ini. Mereka memiliki perilaku yang tidak menentu dalam berinvestasi dan menjual investasinya. Orang tipe ini kadang-kadang sangat berani mengambil risiko, kadang-kadang sangat tidak berani. Kadang -kadang tidak terpengaruh perilaku orang lain, kadang-kadang ia malah ikutan dengan apa yang dilakukan orang lain. Kalau orang lain membeli saham, dia juga ikut membeli, dan kalau orang lain menjual sahamnya pun ikut dijual juga.

Semua tipe itu merupakan suatu referensi bagi para investor untuk mengevaluasi diri termasuk kedalam tipe yang mana. Ada baiknya bagi investor baru untuk memilih tipe guardians yang biasanya lebih hati-hati dalam berinvestasi, dan lebih kecil peluangnya mengalami kerugian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar